Cara Memilih Permainan Untuk Anak

Mainan merupakan alat yang dapat digunakan untuk membentuk karakter anak,demikian pendapat para pakar anak. Sehingga peran orangtua sangat diperlukan di dalam memilih bermacam mainan sehingga anak akan tumbuh pada hal - hal yang positif.



Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua di dlam memilih mainan anak yaitu :



1. Jenis Kelamin.
     * Memilih mainan yang sesuai dengan jenis kelamin anak untuk memperkenalkan karakter anak laki-laki atau perempuan. Misalkan anak laki-laki lebih cenderung memilih mainan yang bersifat ketangkasan,menantang,aktif,yang akan menarik minat mereka seperti mobil-mobilan maupun pistol-pistolan. Sedangkan anak perempuan yang lebih lembut akan memilih boneka,alat-alat memasak yang berwarna-warni.

2. Usia Anak
     * Anak-anak akan tertarik melihat mainan baru dan akan meninggalkan mainan lamanya. Hal ini juga berpengaruh dengan bertambahnya usia anak sehingga faktor keselamatan anak adalah lebih penting.

3. Bakat atau tingkah laku anak
     * Anak yang senang dengan perang-perangan maka dapat dipilih mainan pistol-pistolan,tank ataupun pesawat sedangkan anak yang senang menyusun sesuatu dapat dipilih mainan menyusun balok ataupun yang sejenisnya.
Dengan kejelian orangtua dalam memilih mainan untuk anak diharapkan anak dapat berkembang kearah yang positif..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar